WEB UNTUK PARA PRAKTISI HUBUNGAN INTERNASIONAL di INDONESIA

JUST DO YOUR BEST and LET GOD DO THE REST

SEJARAH dan PERKEMBANGAN HI (INDIVIDU)

diposting oleh pradipta-aditya-fisip12 pada 26 September 2012
di PENGANTAR ILMU HUBUNGAN INTERNASIONAL GANJIL 2012/2013 - 0 komentar

SEJARAH dan PERKEMBANGAN HUBUNGAN INTERNASIONAL

Pradipta Aditya Siagian / 071211233021

            Jas Merah. Jangan sekali – sekali melupakan sejarah. Pernyataan terkenal dari Bung Karno ini mengandung makna yang sangat dalam. Jika anda ingin mengerti sesuatu, anda sebisa mungkin mengerti sejarah yang ada di dalamnya. Hal ini juga berlaku dalam Ilmu Hubungan Internasional. Hal ini dikarenakan Ilmu Hubungan Internasional adalah disiplin ilmu yang dinamis. Ilmu ini selalu berkembang seiring perkembangan jaman. Jika kita mengerti bagaimana perkembangan ini secara jelas, maka kita dapat mengerti bagaimana disiplin ilmu ini berkembang dan menjadi semakin padu, sehingga muncul definisi – definisi baru. Definisi ini akan membantu perkembangan Ilmu Hubungan Internasional.

            Sejarah Ilmu Hubungan Internasional dapat dimulai dari Perjanjian Perdamaian Westphalia yang disepakati di Eropa pada tahun 1648. Perjanjian ini berisikan tentang Hukum Internasional yang mengatur hubungan antar Negara. Perjanjian Westphalia dianggap sebagai titik lahirnya hubungan internasional. Namun, paham hubungan internasional sebagai disiplin ilmu baru muncul pada tahun 1918. Terinspirasi dari ide Woodrow Wilson, seorang tokoh bernama David Davies memberikan gagasan untuk mendirikan disiplin Ilmu Hubungan Internasional. Ilmu ini didirikan masih di bawah naungan Departemen Politik University of Wales, Abersytwtyh. Disiplin Ilmu Hubungan Internasional pada saat itu hanya membahas permasalahan seputar politik, baik dalam lingkup regional maupun internasional. Namun, kemunculan disiplin ilmu ini menjadi batu loncatan dan awal mula kemunculan Ilmu Hubungan Internasional. Hal ini segera direspon dengan baik oleh Universitas – Universitas lain di dunia. Dengan kemunculan – kemunculan disiplin Ilmu Hubungan Internasional di Universitas lain, Ilmu Hubungan Internasional semakin berkembang.

Lingkup studi Hubungan Internasional semakin berkembang. Pada awal – awal berdirinya Ilmu Hubungan Internasional, ilmu ini berdiri dengan paham Liberalisme. Paham ini berkonsentrasi pada studi mengenai Hukum dan Organisasi Internasional. Paham Liberalisme mengajarkan kemandirian, kooperasi dan perdamian. Kemudian muncul paham Realisme. Paham ini berfokus pada kepercayaan untuk menjaga perdamaian dengan cara penyeimbangan kekuatan. Peperangan dan konflik akan selalu ada, hal ini tidak dapat dihapuskan secara permanen. Namun paham Realis mempunyai pandangan bahwa dengana cara penyeimbangan kekuatan, peperangan dan konflik dapat dikurangi. Dan dengan sendirinya, perdamaian dunia dapat tercapai. Dan perkembangan ilmu Hubungan Internasonal pun menuju ke arah baru. Ilmu Hubungan Internasional bersifat interdisipliner, tidak hanya melihat satu masalah dengan satu kacamata saja, namun dengan berbagai macam sudut pandang. Bahkan, harapan pandangan interdispliner ini bias berubah menjadi multidisipliner. Dengan sudut pandang yang semakin beragam, Ilmu Hubungan Internasional memliki kekuatan untuk menganalisa masalah dengan lebih bijak.

Maka, banyak kepentingan mempelajari Ilmu Hubungan Internasional. Dengan mempelajari Ilmu Hubungan Internasional, dapat tercipta kestabilan dunia dalam berbagai aspek. Kemudian, penyelesaian masalah melalui berbagai pandangan dari aspek disiplin ilmu menjadi poin penting studi Hubungan Internasional. Dengan memahami berbagai permasalahan di dunia dan berperan aktif dalam pengambilan dan pengelolaan keputusan secara bijak, Ilmu Hubungan Internasional mampu menjawab tantangan global di tahun – tahun mendatang.

Tak ada gading yang tak retak. Tidak ada yang sempurna dalam hidup ini. Hal ini juga sama dengan konsep studi Ilmu Hubungan Internasional. Ilmu Hubungan Internasional terus mengalami perkembangan. Sejarah selalu bersinergi dengan masa depan. Apapun apa yang terjadi di masa lampau, itu adalah catatan penting demi kelangsungan masa depan yang lebih baik kelak.

Tinggalkan Komentar

Nama :
E-mail :
Web : tanpa http://
Komentar :
Verification Code :