WEB UNTUK PARA PRAKTISI HUBUNGAN INTERNASIONAL di INDONESIA

JUST DO YOUR BEST and LET GOD DO THE REST

PENGERTIAN HI (INDIVIDU)

diposting oleh pradipta-aditya-fisip12 pada 19 September 2012
di PENGANTAR ILMU HUBUNGAN INTERNASIONAL GANJIL 2012/2013 - 0 komentar

ESENSI DISKUSI MENGENAI HUBUNGAN INTERNASIONAL

            Dewasa ini, pengertian mengenai studi Hubungan Internasional telah banyak berubah. Jika pada jaman – jaman terdahulu focus studi ini hanya mengarah kepada sebuah disiplin ilmu yang mempelajari penjelasan mengenai aktivitas politik antar Negara, sekarang focus studi ini telah berubah.Ada banyak perubahan yang dapat dilihat dalam diskusi yang dilaksanakan pada hari Senin (17 September 2012) pada kelas Pengantar Ilmu Hubungan Internasional.

            Hubungan Internasional lebih mengarah kepada interaksi.Interaksi ini bersifat luas.Jika pada awal berdirinya disiplin ilmu Hubungan Internasional, focus studi hanya mengarah kepada aktivitas politik antar Negara, maka sekarang focus studi lebih mengarah kepada interaksi. Terdapat 3 elemen penting dalam interaksi. 3 elemen penting tersebut adalah Kepentingan, Aktor, dan Power (Kekuatan). Kepentingan, seperti adanya dorongan untuk memenuhi kebutuhan dalam Negara akan mendorong aktor (Negara, perorangan, Perusahaan Multinasional) untuk mengadakan kontak atau interaksi. Interaksi inilah yang menjadi focus studi Hubungan Internasional sekarang.Interaksi ini bias bersifat hubungan Politik, Diplomatik, Militer, Ekonomi dan Bisnis, Moneter dan masih banyak lagi.Sehingga, bentuk interaksi ini lama kelamaan menjadi lebih hidup, berwarna, beranekaragam dan diharapkan mampu menguntungkan berbagai pihak yang terlibat.Tidak hanya kepada Negara / Bangsa yang terlibat dalam interaksi, namun lebih kepada kebaikan semua pihak.

            Akhir kata, terdapat sebuah kutipan terkenal yang dikemukakan oleh tokoh Hubungan Internasional, yaitu “no nation is an inland”. Tidak ada Negara yang mampu berdiri sendiri.Semua Negara di dunia butuh adanya hubungan atau komunikasi yang baik.Hubungan atau komunikasi inilah yang dewasa ini telah berkembang menuju sebuah interaksi antar Negara.Maka, dapat ditarik kesimpulan bahwa focus studi Hubungan Internasional sekarang adalah bagaimana sebuah interaksi dapat berjalan dengan baik.Terakhir, harapan utama adalah lulusan studi Hubungan Internasional dapat menjelaskan, menjabarkan, menganalisa, serta menjelaskan bagaimana interaksi ini dapat berjalan dengan baik, dan mampu membawa kebaikan kepada semua pihak, tidak hanya beberapa pihak yang terkait. Semoga apa yang di dapat dalam diskusi Hubungan Internasional kemarin dapat kita ambil hikmahnya dan dapat diimplementasikan dalam studi kita kelak.

PRADIPTA ADITYA SIAGIAN / 071211233021.

Tinggalkan Komentar

Nama :
E-mail :
Web : tanpa http://
Komentar :
Verification Code :